Jumat, 17 Mei 2013

Cara Berjualan di Situs Qoo10

Inilah salah satu kelebihan lain dari Qoo10 sebagai situs belanja lokal sekaligus regional dan global. Selain bisa berbelanja di Qoo10, para membernya yang telah terdaftar sebagai buyer juga bisa berjualan di Qoo10.
Persyaratanya pun cukup mudah, hanya dengan memberikan bukti scan identitas diri berupa ktp/paspor dan bukti scan rekening tabungan yang namanya sesuai dengan identitas diri.

Sebagai seller anda beroleh berkesempatan untuk memasarkan produk anda di situs lokal Qoo10 dan sekaligus terdaftar situs Global Qoo10. Bila harga produk anda yang ditawarkan dapat bersaing secara harga dan kualitas di pasaran lokal maupun regional, bukan tidak mungkin order akan datang melimpah per-harinya.

Untuk itu sebelum memutuskan jenis produk serta harga yang akan didaftarkan, sebaiknya anda melakukan survey harga  jenis produk yang akan anda daftarkan baik di dalam situs qoo10 itu sendiri atau di situs belanja online lainya. Sebab trend yang berlaku di qoo10 sementara ini adalah barang dengan harga murah dan berkualitas. Sebisa mungkin untuk memberikan harga yang bisa  menarik pembeli. Selain itu anda juga harus menyiapkan foto produk  anda se-cantik mungkin, juga beserta innformasi detail mengenai barang yang akan anda jual.

Persaingan produk lokal dan produk dari luar sangat terasa di Qoo10, terutama produk-produk yang berasal dari china dan korea.  Produk dari negara-negara terebut yang kebanyakan berupa fashion menawarkan barang dengan kualitas baik dan harga yang murah serta bebas ongkos pengiriman. Namun untuk yang berdagang produk lokal bisa mengantisipasi persaingan dengan pelayanan yang baik serta pengiriman yang cepat. Sebab meskipun produk luar nampak lebih murah dan bebas ongkos kirim, proses pengiriman barang dari luar memakan waktu yang cukup lama bahkan bisa mencapai satu bulan, atau barang tidak sampai sama sekali. Kekurangan ini bisa dimanfaatkan anda yang menjual produk lokal di Qoo10 agar bisa bersaing dengan produk dari luar. Bahkan anda pun berkesempatan menjual produk  ke pasar yang lebih luas dan menjanjikan seperti Singapore dan  Malaysia yang mempunyai daya beli lebih tinggi.

Untuk proses pendaftaran sebagai seller/ penjual pertama-tama anda harus mendaftar sebagai member / pembeli, dan memasukan detil identitas pribadi sesuai dengan kartu identitas yang anda miliki, kemudian setelah terdaftar sebagai member anda baru bisa langsung  mendaftar sebagai penjual dengan data-data yang telah dimasukan pada saat mendaftar sebagai member. Setelah konfirmasi pendaftaran diterima anda bisa langsung masuk ke QSM Tool, tempat dimana anda mendaftarkan barang yang akan anda jual termasuk foto dan deskripsi barang , sekaligus juga tempat dimana anda mengelola order dan pengiriman yang masuk. Namun sebelum anda bisa mendaftarakan barang anda harus mengunggah scan identitas pribadi apabila terdaftar sebagai seller perorangan atau scan Surat Ijin Usaha anda apabila anda mendaftar sebagai Lembaga Usaha. Selanjutnya anda juga harus mengunggah scan dari rekening tabungan yang sebelumnya telah anda daftarkan di qoo10 pada saaat mendaftar sebagi member.

48 komentar:

  1. sya mw tnya
    sy sdah jdi mmber seller di qoo10,
    tp sya masi bingung mnjlnkannya, dri cra mlakukan postingan brg yg mw dijual, ap yg hrus dilakukan, krn kta pngntarnya rata2 b.inggris, trus me-manage 'tmpat jual' kita, bisa anda jelaskan..

    tq

    BalasHapus
  2. Terima kasih sudah mampir, Untuk me manage barang penjualan sebagai sebagai seller di Qoo10, awalnya memang sulit , sebab memang banyak sekali pengaturan dan parameter yang harus diisi, kalu untuk menuliskan secara detail disini saya tidak bisa. kalau mau saya bisa memandu secara langsung lewat team viewer atau chat .

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih utk artikelnya. boleh saya minta tolong dipandu utk posting barang di qoo10?

      Hapus
    2. Silahkan, add pin bbm saya di 74299edf

      Hapus
    3. Tambahan bagi yang add BBM dan ingin dibantu setting atau masalah posting barang di Qoo10 silahkan install Team Viewer (Program Remote Desktop) terlebih dahulu agar saya bisa lebih mudah dan lebih cepat membantu.
      Note: "ada yang curiga setelah saya suruh install team viewer"
      Saya bukan tukang 'retas' juga bukan 'penipu' dan juga semua bantuan itu saya berikan gratis tis tis tanpa embel-embel apapun.

      Hapus
  3. Salam Kenal

    ka, saya mau tanya saya sudah jadi seller Qoo10 3 minggu ini.
    Saya mau tanya lama proses withdraw biasanya berpa hari ya ?
    saya withdraw dari hari rabu, tapi sampai sekarang lom masuk ke rekening saya..apakah nanti ada notifikasi email atau kita ngecek manual ke rekening ?
    Terima Kasih jawabannya

    Email : momi_chan@yahoo.com

    BalasHapus
  4. Maaf baru balas, lamanya uang masuk ke rekening bank penjual sejak permintaan withdraw dilaksanakan adalah 14 hari kerja (hari libur tidak dihitung). btw laris ya jualanya .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak.. sy sudah menjadi sellet qoo10 tapi binun vara posying barang yg hendak dijual. Gmn cara posting barang jualan sy yah. Mohon bantuannya. Thx

      Hapus
  5. Untuk posting barang pertama kali memang agak sulit, kalau familiar dengan bahasa inggris, pilihan bahasanya di ubah menjadi bahasa inggris agar lebih mudah memahami menu perintahnya.
    Untuk listing barang, pertama harus masuk QSM tools pilih menu daftar&harga atau listing & pricing, lalu pilih new item dan masukan data2 mengenai produk, foto, harga, jenis pengiriman dan deskripsi detail produk di bagian html (bagian html bisa kopi paste) lalu klik daftar/register, bila ada data yang kurang lengkap atausalah nanti ada peringatannya sendiri dari system apa yang menjadi kekurangannya. lengkapi dan perbaiki sampai berhasil dan mendapatkan link produk anda. selanjutnya bila ada yang perlu diperbaiki anda bisa mengedit kembali data produk anda.

    BalasHapus
  6. pertanyaan yg sama dengan sblmnya..agak2 ribet ya psoting brg yg akan dijual. bisa dibantu untuk detail psoting brg yg akan dijual sampai dengan tmpil di web Qoo10.
    thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Detailnya sudah dijabarkan seperti diatas, kalau mau saya bersedia membantu langsung melaui team viewer, waktu bebas kapan saja.
      Ping saja 74299edf

      Hapus
    2. Tambahan bagi yang add BBM dan ingin dibantu setting atau masalah posting barang di Qoo10 silahkan install Team Viewer (Program Remote Desktop) terlebih dahulu agar saya bisa lebih mudah dan lebih cepat membantu.
      Note: "ada yang curiga setelah saya suruh install team viewer"
      Saya bukan tukang 'retas' juga bukan 'penipu' dan juga semua bantuan itu saya berikan gratis tis tis tanpa embel-embel apapun.

      Hapus
  7. trus ketika kt dftr jd seller di Qoo10 apa ada kewajiban kt ke Qoo10 yg hrs dibayarkan? seperti komisi atau apalah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk daftarnya gratis, persyaratanya cuma butuh copy ID dan copy Buku Tabungan sesuai rekening.
      Komisi dipotong saat ada barang yang laku, besarnya 10% dari harga penjualan+ongkos kirim.

      Hapus
  8. Mau tanya gan, kalau daftar seller di Qoo10 harus beli Qcash dulu kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak perlu gan, yang penting kita harus terdaftar sbagai anggota saja.

      Hapus
    2. saya coba daftar jd seller tp harus punya Qcash dulu.
      apakah sudah tidak gratis lg???

      Hapus
    3. ya sekarang harus beli qcash, qcash tersebut dapat digunakan untuk membayar fitur promosi, kalau tidak menggunakan fitur promosi q cash tetap utuh.

      Hapus
  9. Kunjumgi www.Qoo10.co.id/shop/level7

    BalasHapus
  10. Kalo seller mau buat diskon, itu discount fee nya brp ya gan?

    BalasHapus
  11. Ada yang punya pengalaman untung ga jualan di qoo, soalnya di forum katanya ada yang malah rugi, apalagi system pembayarannya tunggu 14hari kan modalnya macet!!

    Teman-teman komentar balik dunk di blog aku:
    http://fifisurabaya.blogspot.com/2014/12/3-cara-mengembalikan-kesuburan-rambut.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya saya sudah posting disini
      http://nyariduitinternet.blogspot.com/2014/12/konsultasi-gratis-toko-online.html
      Fee di qoo10 memang lumayan besar, akan tetapi harga jual disana masih cukup bagus, lagi pula membernya rata-rata kelas menengah ke atas yang tidak mau pusing memperbandingkan harga. kalau ada yang merugi mungkin karena terlalu banting harga supaya laku, tapi karena feenya besar margin keuntungan yang didapat jadi tidak seberapa akhirnya mereka merasa rugi.
      Strateginya pasang harga eceran saja sebab di qoo10 bukan grosir, perbanyak item, dan pelayanan yang cepat, juga harus selalu aktif memantau keluhan customer,
      Soal sistem pembayaran 14 hari memang terlalu lama, perhitungannya harus punya modal untuk 2 bulan penjualan.

      Hapus
  12. terima kasih agan dan sista silahkan hub kami untuk alat komunikasi terlengkap di http://www.alnindo.com

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. Trims utk tips nya. Tertarik jg jualan di qoo10 walau masih bingunk tapi mau coba. Buat yg mao fashion handmade shoes yang unik dan terjangkau, visit: www.khiutez.com

    BalasHapus
  16. kalo gak punya smartphone gak bisa ikut jualan ya?

    BalasHapus
  17. Cara memantau jualan online qt jika ada orderan atau komplen gmn? Apa bisa jika pkao smart phone sja?atau hrus pkai komputer?

    BalasHapus
  18. Cara memantau jualan online qt jika ada orderan atau komplen gmn? Apa bisa jika pkao smart phone sja?atau hrus pkai komputer?

    BalasHapus
  19. Cara memantau jualan online qt jika ada orderan atau komplen gmn? Apa bisa jika pkao smart phone sja?atau hrus pkai komputer?

    BalasHapus
  20. Cara memantau jualan online qt jika ada orderan atau komplen gmn? Apa bisa jika pkao smart phone sja?atau hrus pkai komputer?

    BalasHapus
  21. terimakasih banyak, sangat membantu sekali...

    http://landongobatherbal.com/obat-herbal-penyakit-radang-paru-paru/

    BalasHapus
  22. bagaimana proses pembayaran q0010 kepada seller2nya ya..saya masih bingung..apa sama dengan bukalapak atau tokopedia ya gan.

    salam http://www.satriapermata.com pusat grosir batu akik dan rough bahan murah berkualitas

    BalasHapus
    Balasan
    1. proses pembayaran serupa web shopping lainnya, hanya saja ada tenggang waktu 14 hari terhitung sejak customer konfirmasi pengiriman, baru dana bisa ditarik ke rek bank anda.

      Hapus
  23. daftar jadi penjual apakah bayar

    BalasHapus
    Balasan
    1. selama ini sih free, hanya saja sekarang ada kebijakan bagi calon penjual untuk membeli qcash ( semacam voucher untuk promosi produk penjual ) pada saat pendaftaran.

      Hapus
  24. sejak saya daftar bulan lalu saya tidak bisa listing barang karena ada pop up message yang minta sertifikat ijin untuk menjual luxury item.
    Saya berniat untuk batal jadi seller, apa qcash saya masih bisa ditarik lagi.
    Saya mau jad buyer saja seperti semula, Qcash jadi Qmoney juga gak apa2...gimana caranya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, sekaran system dan peraturan di qoo10 semakin rumit, terutama untuk seller baru, anda tidak menyebutkan ingin posting barang apa, tapi saran saya sih coba hindari menggunakan nama yang mengandung nama merk tertentu, dan atau memilih kategori merk tertentu

      Hapus
  25. Mau tnya gan, kalo berjualan di qsquare itu sistemnya gmn yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sistemnya, stiap transaksi penjualan kena fee oleh qoo10

      Hapus
  26. kalo mau jualan daftar jadi penjual klik menu apa yaa di web qoo10 nya? masih ga paham letak nya dimana :'( tulisannya banyak bgt hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. buka halaman depan / home , scroll ke paling bawah ada menu registrasi penjual

      Hapus
  27. gan, saya coba daftar jadi seller kok suruh bayar qcash sebesar 500 rb untuk registrasi ya?

    BalasHapus
  28. Mas mau nanya dong,cara hapus produk di QSM gimana ya?

    Sama cara edit harga,karena saya salah masukin nominal harga nya

    BalasHapus
  29. mau tanya dong,saya kan mau jualan di qoo10 tapi ada persyaratan wajib beli qcash,nah qcash itu berlaku seumur hidup atau hanya berlaku beberapa bulan kemudian di perpanjang lagi kayak tokopedia?

    BalasHapus
  30. ada batasan harga produk ga kak, mohon info

    BalasHapus

Agen Tiket