Rabu, 15 Mei 2013

Jenis Pembayaran Online

Belanja secara online lewat internet di Indonesia semakin hari semakin menunjukkan perkembangan yang signifikan. Kini belanja online tidak hanya terbatas pada belanja barang namun juga merambah bidang jasa yang juga didukung oleh sistem perbankan yang memperkenalkan canggih, misalnya teknik internet banking Melalui teknik internet banking pelanggan dapat melakukan kegiatan seperti transfer uang, membayar tagihan listrik, air, telepon, Internet, pembelian pulsa, pembayaran uang kuliah dan lain sebagainya.
Transaksi online di Indonesia untuk pembelian suatu barang mengalami perkembangan yang cukup pesat. Mulai dari situs yang menjual  elektronik , toko buku, makanan, fashion dan segala kebutuhan lainya pun mulai dirambah oleh layanan belanja online.

Ada banyak sistem pembayaran yang digunakan dalam bertransaksi online, semakin banyak fasilitas pembayaran yang didukung oleh suatu toko / situs belanja online, maka akan menjadikan nilai lebih bagi toko tersebut untuk mendapatkan kepercayaan dari konsumen.

Sistem pembayaran  langsung tunai yang umum digunakan dalam transaksi online adalah,
1. SMS Banking
2. Internet Banking
3. Kartu Kredit (Visa, Mastercard, Maestro, Amex, Discovery, UnionPay ,dll )
4. Kartu Debit ( Visa, Mastercard )
5. Payment Processor Internasional ( Paypal, Liberty Reserve, Western Union ,dll ) 
6. Payment Processor Lokal  Third Party ( Inapay, Fasapay, dll )
7. Payment Processor terintegrasi dengan layanan Bank ( BCA klikpay, Mandiri clickpay, BNI Dokuwallet )
8. VCC (Virtual Credit Card / Virtual Debit Card, Di Indonesia baru BNI yang mendukung layanan ini)

Meskipun begitu masih banyak juga situs / toko online yang masih menerapkan pembayaran secara manual, melalui transefer tunai lewat Bank atau ATM. Untuk hal ini memang agak aneh, sebab sistem pembayaran transfer tunai secara manual membutuhkan waktu, dan juga butuh kepercayaan  yang tinggi. Sedangkan sistem belanja online berkembang atas dasar efesiensi waktu, agar transaksi bisa diselesaikan dengan cepat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Agen Tiket