Senin, 31 Desember 2012

Alat Pembayaran Bisnis Online

Bagi para pemain bisnis online di internet kata 'payment prosessor' barangkali sudah tidak asing lagi. Payment prosesor adalah istilah alat pembayaran yang berfungsi sebagai rekening virtual untuk melakukan transaksi penerimaan, penarikan dan pembelanjaan di dunia maya.
Banyak kalangan pemula yang belum tahu cara-cara transaksi menggunakan payment prosessor (pp), hal ini dimaklumi karena pp hanya ada di dunia maya jadi hampir tidak dikenal di dunia nyata, pp juga tidak mempunyai cabang atau kantor pelayanan secara fisik sebagai tempat interaksi dengan pelanggannya. Semua aktivitas dilakukan di secara virtual melalui website mereka dan email pribadi pelanggan.
Meskipun demikian nilai uang pp atau yang dikenal dengan istilah e-currency yang digunakan tetap sama jenis mata dan nilainya dengan uang yang digunakan di dunia nyata. Hanya saja bila di dunia nyata cuma ada perbedaan jenis mata uang menurut negara yang mengeluarkan, di dunia e-currency juga mengenal perbedaan menurut pp yang mengeluarkan. Sehingga meskipun sama-sama menggunakan Dollar Amerika Serikat sebagai mata uang, nilai currency antara antara pp satu dengan lainya berbeda, dan tidak bisa berlaku untuk semua pp, sehingga praktis hanya berlaku di sesama pp nya saja. Jika kita ingin melakukan transaksi dengan pp yang berbeda, maka salah satunya harus melakukan exchange agar dapat melakukan transaksi.

Banyak jenis Payment Prosessor yang beredar di dunia Internet diantaranya adalah Paypal, Liberty Reserve, Payza, Neteller, WebMoney, Skrill, Perfect Money, OK Pay, dan banyak lagi lainya yang beredar menawarkan jasa Payment Processor dengan sistem, fitur dan keunggulannya masing-masing.
Yang relatif umum digunakan dalam proses transaksi online dan bisnis online adalah Paypal, dan Liberty Reserve. Sedangkan lainya biasanya umum digunakan dalam lapangan bisnis online tertentu saja. Jadi kedua pp tersebut bisa dibilang 'wajib' dimiliki oleh para pemula yang ingin menggeluti dunia bisnis online.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Agen Tiket